Budaya Politik yang Bertentangan dengan Partisipasi Politik

Posted by Labels: at
Ada beberapa alasan yang meterbelakangi orang berperilaku tidak mau melibatkan diri dalam poitik (partisipasi). Robert Dahl menyebutkan alasan sebagai:

1. Orang mungkin kurang tertarik dalam politik jika mereka memandang rendah terhadapn segala manfaat yang diharapkan dari keterlibatan politik, dibandingkan dengan manfaat yang akan diperolaeh sebagai dari berbagai aktivitas lainnya.

2. Orang merasa tidak melihat adanya perbedaan yang tegas dengan keadaan sebelumnya, sehingga apa yang dilakukan seseorang tersebut tidaklah menjadi persoalan.

3. Seseorang cenderung kurang terlibat dalam politik jika mersa bahwa tidak ada masalah terhadap hal yang dilakukan, karena ia tidak dapat mengubah dengn jelas hasilnya.

4. Seseorang cenderung kurang terlibat dalam politik jika merasa bahwa hasil-hasilnya relatif akan memuaskan orang tersebut sekali pun ia tidadk berperan di dalamnya.

5. Jika pengetahuan seseorang tentang politik tersebut terlalu terbatas untuk dapat menjadi efektif.

6. Semakin besar kendala yang dihadapi dalam perjalan hidup, semakin kecil kemungkinan bagi seseoarang untuk terlibat bidang politik.
Post a Comment

Back to Top