konsep Budaya Politik Di berbagai Nusantara

Posted by Labels: at

Konsep budaya politik berpusat kepada imajinasi pada manusia atau masyarakat di indonesia(pikiran dan perasaan) yang membentuk aspirasi, harapan, preferensi, dan prioritas tertentu dalam tertentu dalam menghadapi suatu tantangan yang pada ditimbulkan oleh berubahnya sosial  politik di nusantara. Masyarakat di indonesia secara sosiokultural mempunyai pola budaya politik dengan politik dengan elemen-elemen yang pada prinsip-prinspnya bersifat dualistis, yang berkaitan dengan hal-hal, yaitu :

1. Dualisme kebudayan yang mengutamakan keharmonisan dengan kebudayaan yang mengutamakan kedinamisan  (konfliktual). Dualisme ini bisa dilihat dalam interaksi kebudayaan yang dipengaruhi oleh nilai-nilai jawa dengan  kebudayaan yang dipengaruhi oleh kebudayaan luar jawa, sumatra barat, sumatra utara, dan sulawesi.

2. Duallisme antara kebudayaan dan tradisi yang mengutamakan keleluasan dengan yang mengutamakan keterbasan. Hal ini merupakan pengaruh kemanunggalan militer-sipil dalam proses sosial politik semenjak proklamasi sampai dengan order baru

3. Dualisme implikasi masuknya nilai-nilai barat ke dalam masyarakat indonesia.  

1 comment:

Back to Top